MAKNA AGAMA
1.
PENGERTIAN
a) Dari bahasa :
Keteraturan, Kepatuhan,Tuntunan, Undang-undang, Balasan.
b) Dalam Islam : Ad-Diin
(Keberhutangan, Kepatuhan, Kebijaksanaan, Kecenderungan Alami)
c) Dari istilah : Suatu keparcayaan akan keberadaan suatu
kekuatan pengatur supranatural yang menciptakan dan mengendalikan alam semesta.
a) Credial/Credo (Keyakinan) : Kekuata supranatural
b) Ritual (Peribadatan) : Cara behubungan dengan yang
diyakini
c) Etika-Moral (Sistem Nilai) : Buah dari ritual dengan
landasan yang terwujud di masyarakat.
3.
KEBERADAANNYA
MENURUT MANUSIA
a)
Psikologi
(Sigmund Freud) : Ketidakmampuan manusia
(inter/ekstern)
b)
Kaum
Positivistik (Aguste Comte) : Terkait dengan perkembangan sejarah peradaban intelektual
manusia (mulai tahap teologi, metafisik, dan posotivistik)
c)
Sosiologi
(Emile Durkheim) : Penyatuan keyakinan dan ritual yang berlangsung di
institusi.
d)
Agama (M.
Iqbal) : Agama ada keyakinan dan dogma dalam menafsirkan alam metafisik, yang
beda dengan pendekatan ilmu pengetahuan.
4.
HUBUNGAN
MANUSIA DAN AGAMA
·
Merupakan
kebutuhan yang alami
·
Merupakan
fitrah
5.
FUNGSI
AGAMA BAGI MANUSIA
a) Pembentuk kepercayaan (Pembentuk kebenaran)
b) Pembentuk sistem peribadatan
c) Pembentuk sistem kemasyarakatan (Sumber moral)
d) Fuksi Maknawi
e) Fungsi Identitas
CATATAN TAMBAHAN
Ø Kebutuhan manusia menurut Murtadlo Muthtohari ada 2 : Alami
(agama, rasa ingin tahu, bermasyarakat) dan Non Alami (keb. Berdasar kebiasaan
yang dapat diganti dg yang lain)
Ø Informasi keagamaan kpd manusia melalui 2 jalur :
Wahyu (agama) dan Ilmu pengetahuan
Ø Mnrt Alexis Carell : Penyimpangan manusia dikarenakan
lemahnya nilai keimanan dan dominasi akal serta lemahnya hati.
Ø Mnrt W. Oscar Lindberg : Penyimpangan manusia terhadap
agama disebabkan 2 hal : pandangan politik antar kelompok dan berkembangnya
ilmu pengetahuan yang mengagungkan akal.
Ø Kelemahan manusia ada 2 : sikap yang kadang melebihi
sikap Tuhan dan sikap yang memutlakkan sistem Tuhan
Ø Membentuk sikap konsisten terhadap agama masing-masing
: Mengenali, Mengerti, Menghayati, Mengabdi dan membela.
MAKNA ISLAM
1.
PENGERTIAN ISLAM
a)
Secara
bahasa (lughowi) : Aslamu (bersih dan
selamat), Assalam (kedamaian dan keselamatan, menyerahkan diri, kepatuhan), Salima
(sejahtera dan selamat)
b)
Secara
istilah : Agama yang diturunkan Allah kepada manusia melalui Rasul-Nya yang
berisi ajaran bagaimana manusia berhubungan dengan Tuhan,sesama dan dengan
alam.
Jadi, Islam
adalah ajaran dari Nabi/Rasul sebelum Nabi Muhammad SAW dan mengalami kesempurnaan
pada zaman Nabi Muhammad SAW.
(QS.Ali Imran:19 dan al-Maidah :3)
(QS.Ali Imran:19 dan al-Maidah :3)
Ø Beberapa ayat tentang keislaman Rosul-rosul sebelum
Nabi Muhammad SAW :
Keislaman Nabi
Ibrahim dan Nabi Ya’kub (AL-BAQOROH :132 DAN AL-HAJJ : 78)
Keislaman Nabi Yusuf (QS:YUSUF
:101)
Keislaman Nabi Musa
(QS.YUNUS :84)
Keislaman Nabi Isa
(QS.ALI IMRAN :52)
Keislaman Nabi Sulaliman
(QS. AN-NAML :30-31)
2.
RUANG
LINGKUP ISLAM
Aqidah, Syari’ah, dan Akhlak adalah utuh untuk dapat membentuk
kepribadianyang utuh pula (QS.AL-BAQOROH 183,208)
Jadi :
·
Aqidah
sebagai landasan
·
Syari’ah
sebagai aturan
·
Akhlak
merupakan aplikasi
3.
KEBERADAAN
AJARAN ISLAM
a)
Kebutuhan
pokok dalam hidup dan kehidupan (AT-TAHRIM: 6)
b)
Kesinambungan
dan penyempurana agama-agama sebelumnya (AL-MAIDAH: 3)
c)
Sebagai
agamam yang sah di sisi Allah SWT (ALI IMRAN: 9)
d)
Agama
yang sesuai dengan fitrah (AR-RUUM:30)
e)
Agama
yang menghargai perbedaan dan menghilangkan unsur pemaksaan (AL-KAFIRUN:6
DAN AL-BAQOROH : 256)
4.
PERANAN
AGAMA
a)
Mengubah
masyarakat
b)
Sebagai
pembangun
c)
Menyelaraskan
dimensi ritual dan sosial
d)
Membangun
prinsip kecintaan pada sesama pada dimensi ekonomi dan sosial
5.
KARAKTERISTIK
AJARAN ISLAM
a) Rabbaniyah baik tujuan dan orientasi maupun sumber
acuan dan konsep
b) Insaniyah (manuasiawi)
c) Universal (Syummul)
d) Moderat (Wasthiyah)
e) Memadukan prinsip (tsabat) dan fleksibilitas (murunah)
f) Realistis (waqi’iyah)
g) Jelas (Wudhuh)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar