Kamis, 08 November 2012

Pengertian Efektifitas dan Efisien



1.             Pengertian Efektif
Devenisi dari kata efektif adalah pencapaian atau pemilihan tujuan yang tepat dari beberapa alternatif. lainnya. Jadi, jika suatu kegiatan atau pekerjaan bisa selesai dengan pemilihan cara-cara yang sudah ditentukan, maka cara tersebut adalah benar atau efektif.
Jika dikaitkan dengan proses produksi suatu barang, maka efektif bisa diartikan sebagai pemilihan terhadap bahan baku dan cara produksinya agar menghasilkan barang yang bermanfaat.
2.             Pengertian Efisien
Devinisi dari kata efisien adalah penggunaan sumber daya secara minimum guna pencapaian hasil yang optimum. Jadi, jika dalam suatu kegiatan penggunaan sumber dayanya dapat dilakukan secara minimum dengan menghasilkan hasil yang optimum berarti cara tersebut efisien.
Jika dikaitkan dengan proses produksi suatu barang, maka efisien dapat diartikan sebagai suatu proses produksi yang menghasilkan produk dengan kualitas yang baik dengan bahan baku yang digunakan dengan sesuai takaran.
Dari pengertian efektif dan efisien di atas, dapat disimpulkan bahwa efektif lebih mengarah pada hasil yang dicapai. Sedangkan efisien mengarah pada proses pencapaian hasil tersebut.
Dua kata di atas sangat berhubungan. Karena dalam suatu porses produksi, dibutuhkan sebuah sumber daya (input). Kemudian input yang ada ini apakah digunakan secara efisien dalam menghasillkan output dan yang terakhir apakah output yang dihasilkan ini sudah efektif sehingga bermanfaat bagi pengguna maupun produsen. Efektif ini merupakan tujuan paling utama karena percuma saja barang yang harganya murah tetapi hasilnya jelek sehingga tidak bermanfaat.

3.             Penerapan Efektif dan Efisien
Dalam pembuatan roti tawar dibutuhkan beberapa tahap. Tahap pertama adalah pengadaan tepung terigu. Pada tahap ini berlaku prinsip ekonomis. Perusahaan yang ekonomis akan memilih tepung terigu yang terbaik dengan harga yang semurah mungkin. Tahap kedua adalah pembuatan roti tawar. Pada tahap ini berlaku prinsip efisiensi. Perusahaan yang efisien akan menggunakan tepung terigu tadi dengan hemat sesuai takaran untuk menghasilkan output berupa roti tawar yang baik. Tahap akhir yang merupakan tahap yang paling penting adalah pendistribusian roti tawar ini kepada masyarakat. Pada tahap akhir ini berlaku prinsip efektif. Perusahaan yang efektif akan mampu menjual roti dengan kualitas baik kepada para konsumen. Tahap terakhir dibilang paling penting karena percuma saja menghasilkan roti, tapi roti tersebut tidak bisa dijual kepada publik karena kualitasnya yang tidak baik.

SEMOGA BERMANFAAT      :)

Sumber :
http://ekonomi.kompasiana.com/bisnis/2012/03/17/ekonomis-efektif-efisien/
http://trihadiputra.blogspot.com/2011/06/perbedaan-efisien-dan-efektif-unsur.html

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar